Instalasi Webmin Redhat 9 Server

B. Pendahuluan

Menginstal Webmin sama halnya dengan menginstal paket lainnya. Terdapat tiga jenis versi webmin, yaitu versi rpm, tarbal (tar.gz) dan pkg. Hampir semua turunan unix mendukung versi tarbal asalkan Perl terinstal dengan benar. RPM didukung setidaknya oleh distro Mandrake, Redhat (Fedora), SuSE dan Caldera.


C. Instalasi Webmin Paket RPM

Pastikan paket rpm untuk webmin telah kita siapkan (bisa didapatkan dari CD/DVD Distro Linux atau dapat juga men-download di http://www.webmin.com). Disini kita akan menyalin paket rpm webmin terlebih dahulu ke direktori /home. Selanjutnya untuk menginstal paket rpm, kita masuk ke direktori /home dengan mengetikkan perintah di shell :

# cd /home
# rpm -ivh webmin-1.340-1.noarch.rpm
Preparing... ########################################### [100%]
Operating system is Redhat Linux
1:webmin ########################################### [100%]
Webmin install complete. You can now login to
http://nic.poltektugu.net:10000/
as root with your root password.

Pada keterangan tersebut webmin sudah terinstal dengan benar dan dapat digunakan melalui browser client (misal : mozilla, konqueror, opera dan lain sebagainya) dengan mengisikan pada bagian URL http://nic.poltektugu.net:10000/ dan isikan Username dengan root dan password dari root komputer linux tersebut. Pada gambar dibawah ini webmin dibuka di browser client pada komputer windows.


Gambar 1.1 Login Webmin

Related Posts:

0 Response to "Instalasi Webmin Redhat 9 Server"